Pindakoekjes


Edisi kue lebaran ketiga saya. Saya bikin pindakoekjes.

Pindakoekjes atau kue pinda atau kue kacang merupakan kue jadul warisan belanda. Di belanda sendiri juga mengenal pindakoekjes lo. Pinda sendiri artinya adalah kacang dan koekjes artinya kukis. Buat pecinta kacang, wajib coba kukis ini. Saya bukan pecinta kacang, saya ga doyan biskuit atau cokelat yang ada kacangnya. Tapi pindakoekjes bisa saya terima dengan sangat baik, enak banget....

Untuk selai kacang, wajib menggunakan selai kacang yang bagus ya. Karena rasa dari selai kacang mempengaruhi rasa keseluruhan kukis. Semakin enak selai kacang, maka akan semakin enak rasa kukisnya.

Kali ini mau cerita tentang pisau pastry yang digunakan ketika membuat kukis. Pisau pastry berfungsi untuk mempercepat adonan tepung dan mentega tercampur rata. Kalau menggunakan spatula, ga semua adonan bisa tercampur rata. Di bagian bawah wadah kadang masih ada tepung yang tertinggal. Karena mengaduk kukis dengan banyak mentega ga boleh lama dan ga boleh menggunakan tangan, jadi saya rekomendasikan menggunakan pisau pastry dan spatula. Tangan kiri menekan pisau pastry, tangan kanan mengaduk bagian bawah wadah dengan spatula. Dengan cara seperti ini, mengaduk kukis menjadi jauh lebih mudah dan mentega ga akan lumer terkena panas tangan.

Resep saya ambil dari bukunya Nyonya Rumah - 1200 Resep Masakan & Kue Legendaris

Bahan:
250 gram tepung terigu
100 gram mentega (saya gunakan 75 gram mentega dan 25 gram margarin)
100 gram gula
50 gram pindakaas (selai kacang)
1 butir telur ayam
Sedikit telur kocokan (saya pakai putih telur)
1/2 sdt baking powder (saya ga pake)
50 gram kacang tanah, sangrai, buang kulitnya, belah dua (saya belah empat)

Cara Membuat:
- Mentega, pindakaas, telur, dan gula dicampur menjadi satu. (saya aduk menggunakan whisk)
- Masukkan tepung terigu yang sudah dicampur baking powder, aduk rata sampai menjadi adonan dapat dipulung. Jika kurang lemas tambahi sedikit air atau susu. (saya ga tambahi air lagi)
- Giling tipis di kertas roti, cetak bulat-bulat, olesi dengan kocokan telur, hiasi atasnya dengan beberapa butir kacang, letakkan di loyang yang sudah diolesi mentega, lalu panggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar